Minimalisir Risiko di Tempat Kerja dengan Alat pelindung diri (APD)

Pemberi kerja memiliki tugas terkait penyediaan dan penggunaan alat pelindung diri (APD) di tempat kerja.

APD adalah perlengkapan yang akan melindungi pengguna dari risiko kesehatan atau keselamatan di tempat kerja. Ini dapat mencakup item seperti helm pengaman, sarung tangan, pelindung mata, pakaian dengan visibilitas tinggi, alas kaki pengaman dan tali pengaman. Ini juga termasuk alat pelindung pernapasan.

Coronavirus (COVID-19): update!

Cari tahu tentang menggunakan APD, termasuk masker wajah, selama wabah virus korona.

Mengapa APD penting?

Membuat tempat kerja aman termasuk memberikan instruksi, prosedur, pelatihan dan pengawasan untuk mendorong orang bekerja dengan aman dan bertanggung jawab.

Bahkan di mana kendali teknik dan sistem kerja yang aman telah diterapkan, beberapa bahaya mungkin tetap ada. Ini termasuk cedera pada:

  • paru-paru, misalnya dari menghirup udara yang terkontaminasi
  • kepala dan kaki, misalnya dari bahan yang jatuh
  • mata, misalnya dari partikel terbang atau percikan cairan korosif
  • kulit, misalnya dari kontak dengan bahan korosif
  • tubuh, misalnya dari panas atau dingin yang ekstrim
  • APD diperlukan dalam kasus ini untuk mengurangi risiko.

Memilih APD yang Tepat

Apa yang harus saya lakukan?

Jika APD masih diperlukan setelah menerapkan kontrol lain (dan akan ada keadaan saat itu, misalnya pelindung kepala di sebagian besar lokasi konstruksi), Anda harus menyediakan ini untuk karyawan Anda secara gratis

Hanya gunakan APD sebagai pilihan terakhir. Anda harus memilih peralatan dengan hati-hati (lihat detail pemilihan di bawah) dan memastikan karyawan dilatih untuk menggunakannya dengan benar, dan tahu cara mendeteksi dan melaporkan setiap kesalahan

Seleksi dan penggunaan
Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa yang terpapar dan apa?
  • Berapa lama mereka terekspos?
  • Seberapa banyak mereka terpapar?
  • Saat memilih dan menggunakan APD:

Pilih produk yang bertanda CE sesuai dengan Peraturan Peralatan Pelindung Pribadi  2018 – pemasok dapat memberi tahu Anda Pilih peralatan yang sesuai dengan pengguna – pertimbangkan ukuran, kesesuaian dan berat APD. Jika pengguna membantu memilihnya, mereka akan cenderung menggunakannya.

Jika lebih dari satu APD dipakai pada waktu yang sama, pastikan dapat digunakan bersama, misalnya memakai kacamata pengaman dapat mengganggu segel respirator, menyebabkan kebocoran udara. Instruksikan dan latih orang cara menggunakannya, misalnya melatih orang untuk melepaskan sarung tangan tanpa mengotori kulit mereka. Beri tahu mereka mengapa diperlukan, kapan menggunakannya, dan apa batasannya Jangan pernah mengizinkan pengecualian mengenakan APD untuk pekerjaan yang ‘hanya membutuhkan waktu beberapa menit’ Tanyakan kepada pemasok Anda tentang APD yang sesuai – jelaskan pekerjaan itu kepada mereka Jika ragu, mintalah nasihat lebih lanjut dari penasihat spesialis.

Pemeliharaan APD

APD harus dirawat dengan benar dan disimpan saat tidak digunakan, misalnya di lemari yang kering dan bersih. Jika dapat digunakan kembali maka harus dibersihkan dan disimpan dalam kondisi baik. menggunakan suku cadang pengganti yang sesuai dengan aslinya, misal filter respirator siapa yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan bagaimana melakukannya memiliki persediaan pakaian sekali pakai yang sesuai yang berguna untuk pekerjaan kotor di mana biaya cucian tinggi, misalnya bagi pengunjung yang membutuhkan pakaian pelindung

Karyawan harus menggunakan APD dengan benar dan melaporkan kehilangan atau kerusakannya atau kesalahan apa pun di dalamnya.